Museum Louvre, Tempat Peninggalan Sejarah Dan Seni Terbesar Di Dunia

Kalian kalau pergi ke negara fashion paling terkenal di dunia, kamu bakal menemukan museum seni terbesar. Museum Louvre, yang telah berdiri sejak 1793 ini ternyata memiliki hampir 35.000 benda zaman prasejarah dengan area seluar 60.600 meter persegi. Disana kamu bakal menemukan berbagai macam benda peninggalan atau sejarah, seperti mesin kasino pertama di dunia yang sekarang menjadi inspirasi sbobet.

Hingga saat ini tercatat ada ribuan mahakarya dari pelukis, pemahat, serta arkeolog terkenal didunia yang tersimpan di Museum Louvre. Berbeda dengan museum komodo di Indonesia, museum yang satu ini memang sangat unik, bahkan sejarahnya pun tidak kalah menarik daripada benda-benda artefak.

Sejarah Singkat Museum Louvre

Tau tidak kalau Louvre dulunya ternyata merupakan sebuah istana yang biasa disebut dengan Palais du Louvre. Palais du Louvre ini memiliki status pertama sebagai benteng di abad ke-12 dengan Pemerintahan Phillip II. Pada awal 1682 Louis XIV memilih Louvre sebagai kediaman, dan kemudian berpindah sehingga rumah tersebut digunakan sebagai tempat khusus koleksi kerajaan. Perlu kalian ketahui bahwa dulunya sepat terjadi pemindahan kepemilikan yang dipegang oleh Napoleon.

Namun sistem yang digunakan oleh Napoleon sendiri tidak bersih sehingga saat ia mengalami kekalahan pada pertempuran Waterloo. Segala barang jarahan disana dikembalikan kepada pemilik aslinya, dan kembali berkembang dibawah pemerintahan Louis XVII dan juga Charles X. Barang sejarah yang terkumpul kembali meningkat berkat sumabangan maupun hadiah yang diberikan kepada negara Prancis.

Saat akhir abad ke-20 sudah tercatat terdapat kurang lebih sebanyak 20.000 koleksi seni. Hal tersebut terus bertambah hingga pada tahun 2008 telah ditetapkan beberapa bagian. Museum Louvre ini dibagi menjadi 8 bagian antara lain adalah:

  • Koleksi Mesir Kuno
  • Benda Purbakala Dari Timur
  • Yunani, Etruskan, Romawi
  • Seni Islam
  • Seni Dekoratif
  • Seni Lukis
  • Patung
  • Cetakan dan Seni Gambar

Karya Seni Terkenal Di Museum Louvre

Tidak hanya menyimpan berbagai peninggalan saja, museum ini pun terkenal dengan karya terkenal dari banyak seniman. Bahkan Museum ini sering dijadikan inspirasi box office loh. Beberapa karya seni yang paling terkenal adalah lukisan Mona Lisa dari pelukis ternama Leonardo Da Vinci. Bahkan terdapat makam Philippe Pot yang merupakan gubernur dari Burgundia pada masa Louis XI. Kamu juga bisa melihat Sphinx berukuran raksasa, gulungan papirus, mumi serta alat musik dari sejarah mesir kuno.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *